Kamis, 19 April 2012

Menunggu Putusan Nazaruddin....

Hari ini masyarakat bertanya-tanya sambil menunggu apa putusan majelis hakim yang akan dijatuhkan kepada pelaku tindak pidana korupsi (Nazaruddin). Apakah dia akan diputus bersalah atau diputus bebas, tentu saja masih menjadi rahasia, kecuali bagi majelis hakim. SEbagai salah satu anggota masyarakat penulis hanya bisa berharap ke majelis hakim yang mulia, agar putusan yang akan dijatuhkan adalah putusan yang benar-benar adil. Bukan putusan yang hanya menyenangkan si koruptor bersama penasehat hukumnya.
Putusan yang adil dari majelis hakim tentu saja bukan hanya adil bagi si terdakwa, akan tetapi juga adil bagi masyarakat dan juga bagi bangsa dan negara. Susah juga ya. Pasti susah, dan itu tugas seorang hakim yang tidak mudah. Hakim adalah wakil Tuhan di muka bumi sebagaimana ira-ira putusan yang menetapkan bahwa: "demi keadilan berdasarkan Ke-Tuhanan Yang Maha Esa". Tentu saja sekali lagi kita berharap agar putusan yang dijatuhkan bukanlah putusan sebagaimana selama ini yang tidak adil dan cenderung hanya menguntungkan si terdakwa. Selain putusan terlalu ringan (misalnya hanya 3 tahun), sedangkan proses persidangannya telah berlangsung hampir 2 tahun, sehingga putusan di potong masa tahanan (selama proses persidangan), jadi terpidana hanya menjalani putusan sekitar 1 tahun itu pun nanti dikurangi dengan "remisi" sehingga dia akan segera keluar penjara dan kembali akan menikmati hasil korupsinya, akibatnya bangsa dan negara ini juga yang akan menanggung ruginya.
Mungkin saatnya disamping kita berharap pada putusan pengadilan, maka sebaiknya rakyat juga ikut menerapkan hukuman sosial. Hukuman sosial buat para pelaku tindak pidana korupsi.Bentuknya tentu saja bisa macam-macam antara lain: dilepaskan dari segala macam jabatan (negara, politik dan sosial dan lainnya); dikucilkan dari pergaulan masyarakat dan yang lainnya. Bukankah korupsi musuh kita bersama, sehingga kita juga sebagai masyarakat punya hak untuk menghukum mereka secara sosial. (Mks, 10.30, 20?4/12).